Langsung ke konten utama

Featured Posts

AIR BERIAK TANDA TAK DALAM, TONG KOSONG NYARING BUNYINYA, TAHUKAH ANDA TERNYATA MAKNANYA TIDAK SEPERTI YANG SELAMA INI KITA KIRA, TERNYATA SELAMA BERTAHUN-TAHUN KITA SUDAH SALAH MENGGUNAKANNYA

        Para pembaca yang budiman. Selama ini kita semua mengetahui bahwa untuk menyamakan keadaan seseorang yang banyak bicara namun pengetahuannya dangkal adalah dengan menggunakan peribahasa "Air beriak tanda tak dalam", atau bagi yang dianggap tidak berpengetahuan "Tong kosong nyaring bunyinya". Demikian pula dengan penulis. Penulis pernah berpikir bahwa kalimat tersebut dapat diterapkan kepada setiap orang yang banyak bicara. Ketika anda berkata tentang air beriak tanda tak dalam, tong kosong nyaring bunyinya, tahukah anda ternyata maknanya tidak seperti yang selama ini kita kira, ternyata selama bertahun-tahun kita sudah salah menggunakannya.      Pada suatu kolam air kita mungkin akan menemukan riak-riak atau gelembung-gelembung air yang relatif kecil di atas permukaannya. Menurut hasil penelitian, riak-riak air tersebut banyak ditemukan pada suatu ekosistem air yang mana ketinggian permukaan airnya dari dasar tidak begitu tinggi atau air dalam kondisi tidak

SILAKAN DOWNLOAD AMPUH

SILAKAN DOWNLOAD AMPUH
Aplikasi Mobile Penyuluhan Hukum

AIR BERIAK TANDA TAK DALAM, TONG KOSONG NYARING BUNYINYA, TAHUKAH ANDA TERNYATA MAKNANYA TIDAK SEPERTI YANG SELAMA INI KITA KIRA, TERNYATA SELAMA BERTAHUN-TAHUN KITA SUDAH SALAH MENGGUNAKANNYA

       Para pembaca yang budiman. Selama ini kita semua mengetahui bahwa untuk menyamakan keadaan seseorang yang banyak bicara namun pengetahuannya dangkal adalah dengan menggunakan peribahasa "Air beriak tanda tak dalam", atau bagi yang dianggap tidak berpengetahuan "Tong kosong nyaring bunyinya". Demikian pula dengan penulis. Penulis pernah berpikir bahwa kalimat tersebut dapat diterapkan kepada setiap orang yang banyak bicara. Ketika anda berkata tentang air beriak tanda tak dalam, tong kosong nyaring bunyinya, tahukah anda ternyata maknanya tidak seperti yang selama ini kita kira, ternyata selama bertahun-tahun kita sudah salah menggunakannya.



    Pada suatu kolam air kita mungkin akan menemukan riak-riak atau gelembung-gelembung air yang relatif kecil di atas permukaannya. Menurut hasil penelitian, riak-riak air tersebut banyak ditemukan pada suatu ekosistem air yang mana ketinggian permukaan airnya dari dasar tidak begitu tinggi atau air dalam kondisi tidak dalam. Hal ini memang terjadi karena volume airnya relatif sedikit jika dibandingkan dengan kondisi tempat air itu sendiri. Semakin banyak volume air pada suatu ekosistem air maka semakin sedikit pula kemungkinan terdapat riak air. Jadi ketika itu diterapkan kepada seseorang maka akan bermakna bahwa orang tersebut dianggap kurang cerdas.


        Ada lagi, yaitu sebuah tong. Tong adalah suatu tempat yang biasa digunakan untuk menyimpan minyak tanah atau bensin, berukuran besar sekira 200 liter. Tong terbuat dari bahan kaleng yang ketika kosong akan berbunyi nyaring bila dipukul oleh benda keras terutama yang berupa logam. Jadi ketika itu diterapkan kepada seseorang maka akan bermakna bahwa orang tersebut dianggap tidak tahu apa-apa.


        Jika dilihat dari sisi kondisi seseorang, kita mungkin sering menemukan bahwa ada rekan-rekan kita banyak bicara atau banyak cingcong tetapi kenyataannya memiliki tingkat pengetahuan yang relatif rendah. Sehingga dikatakan ilmunya tidak tinggi atau kualitas pemahamannya tidak mendalam. Ada pula yang bahkan tidak mengerti apa-apa meskipun sudah banyak yang diucapkannya. Namun pada kenyataannya, mengenai keadaan banyak bicara ini tidak selalu diartikan negatif dan tidak bisa pula dibuat menjadi suatu kesimpulan yang dapat diterapkan secara umum terhadap setiap orang yang memiliki keadaan seperti itu.


Sesungguhnya ada dua macam orang yang banyak bicara:


1.    Yang pertama adalah orang yang banyak bicara tetapi sebenarnya tidak banyak yang ia ketahui atau bahkan tidak tahu apa-apa.


        Orang jenis ini memang akan cenderung banyak bicara dikarenakan ia akan cenderung mencoba mencari kata-kata yang tepat dalam menyampaikan suatu pernyataan atau argumen-argumen sampai ia merasa bahwa kalimat yang diucapkannya sudah cukup. Kecenderungan banyak bicaranya juga dikarenakan ia ingin dipandang sebagai orang yang banyak mengetahui berbagai hal, namun ternyata mutu dari pembicaraannya sangatlah rendah, tidak berbobot, atau biasa saja, bahkan mungkin tidak ada maknanya sama sekali. Atau menunjukkan betapa pedulinya ia sehingga tidak memperhatikan apakah yang akan disampaikannya sudah cukup atau belum. Bisa juga karena orang tersebut termasuk orang yang periang sehingga mulutnya tidak bisa diam jika sedang berada di antara orang lain apalagi teman-temannya.


Namun pada intinya orang jenis ini memiliki tingkat pengetahuan dan pemahaman yang rendah terhadap berbagai permasalahan dalam kehidupan.


2.    Yang kedua adalah orang yang banyak bicara karena memang tinggi ilmunya.


        Orang jenis ini, banyak berbicara dikarenakan memang ia banyak mengetahui berbagai hal dalam kehidupan, sehingga tidak memiliki kesulitan dalam mengungkapkan kata-kata. Baginya mungkin tidak ada kesulitan dalam mengekspresikan atau menyampaikan berbagai hal dikarenakan sudah banyak pengalaman dalam kehidupan. Orang jenis ini banyak juga kita lihat pada diri penceramah, penyuluh, pengajar, pewawancara, dan lain-lain. Justru mereka adalah orang-orang yang cerdas. Lantas apakah orang-orang seperti ini termasuk dalam peribahasa "Air beriak tanda tak dalam" atau "Tong kosong nyaring bunyinya", atau peribahasa/ungkapan lain yang seperti itu?


TENTU TIDAK!


        Berdasarkan pembahasan di atas, dapat kita ambil kesimpulan bahwa sebenarnya ungkapan "Air beriak tanda tak dalam", "Tong kosong nyaring bunyinya", atau yang seperti itu, hanyalah digunakan untuk menyindir atau mencemooh orang lain bahkan mungkin orang yang ada di hadapannya. Oleh karena itu, ungkapan-ungkapan seperti itu sebaiknya tidak perlu lagi digunakan dalam pergaulan kita sehari-hari karena sangatlah mungkin akan menyakiti hati orang lain.


Mari kita gunakan ungkapan-ungkapan lain yang lebih baik, lebih membangun, karena sesungguhnya persatuan dan kesatuan bangsa itu akan terbentuk dan terpelihara dengan tidak saling menyakiti satu sama lain.

Komentar

Vinay mengatakan…
Thank you for sharing useful information with us. please keep sharing like this. And if you are searching a unique and Top University in India, Colleges discovery platform, which connects students or working professionals with Universities/colleges, at the same time offering information about colleges, courses, entrance exam details, admission notifications, scholarships, and all related topics. Please visit below links:



Management Colleges in Hyderabad
MBA Colleges in Hyderabad
Online MBA Colleges in Hyderabad
Part Time MBA Colleges in Hyderabad
Full Time MBA Colleges in Hyderabad

Postingan populer dari blog ini

APAKAH PERBUATAN BUNUH DIRI MERUPAKAN SUATU HAL YANG MELANGGAR HUKUM POSITIF DI INDONESIA ATAU BUKAN?

بِالسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُاللهِ وَبَرَكَاتُهُ     Yth. Sahabat Diskusi Hidup , alhamdulillāh pada kesempatan kali ini kita dapat berjumpa lagi untuk membahas diskusi hidup tentang apakah perbuatan bunuh diri merupakan suatu hal yang melanggar hukum positif di Indonesia atau bukan. Berikut ini adalah diskusi hidup kita kali ini.         Pada umumnya setiap orang akan menganggap bahwa tindakan bunuh diri adalah perbuatan yang melanggar hukum karena dinilai sebagai perbuatan yang tercela, menghabisi atau menghilangnya nyawa manusia meskipun itu terhadap dirinya sendiri. Namun sebagian orang masih banyak yang menganggap bahwa tindakan bunuh diri itu tercela namun tidak melanggar hukum positif di Indonesia dengan alasan tidak diatur di dalam buku Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) atau peraturan perundang-undangan lainnya. Yang diatur di dalam pasal KUHP adalah mengenai suruhan atau dorongan untuk melakukan tindakan bunuh diri tersebut

TINDAK PIDANA KHUSUS DI LUAR KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PIDANA

بِالسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُاللهِ وَبَرَكَاتُهُ     Yth. Sahabat Diskusi Hidup, a lhamdulillāh kita dapat berjumpa kembali dalam kesempatan yang berbeda. Kali ini penulis akan membahas diskusi hidup tentang tindak pidana khusus di luar Kitab Undang-undang Hukum Pidana. Selanjutnya diskusi hidup kita adalah sebagai berikut.             Pertama kali dikenal istilah Hukum Pidana Khusus, sekarang diganti dengan istilah Hukum Tindak Pidana Khusus. Timbul pertanyaan, apakah ada perbedaan dari kedua istilah ini. Oleh karena yang dimaksud dengan kedua istilah itu adalah UU Pidana yang berada di luar Hukum Pidana Umum yang mempunyai penyimpangan dari Hukum Pidana Umum baik dari segi Hukum Pidana Materiil maupun dari segi Hukum Pidana Formal. Kalau tidak ada penyimpangan tidaklah disebut Hukum Pidana Khusus atau Hukum Tindak Pidana Khusus.             Hukum Tindak Pidana Khusus mempunyai ketentuan khusus dan penyimpangan terhadap Hukum Pidana Umum, b

HATI-HATI DALAM HAL TURUT MENCICIL BARANG YANG KEMUDIAN DIGUNAKAN OLEH ORANG LAIN

بِالسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُاللهِ وَبَرَكَاتُهُ   Yth. Sahabat Diskusi Hidup,   alhamdulillāh kita dapat berjumpa kembali dalam kesempatan diskusi hari ini. Kali ini kita akan membahas diskusi hidup tentang hati-hati dalam hal turut mencicil barang yang kemudian digunakan oleh orang lain. Berikut ini adalah diskusi hidup kita kali ini. Ketika kita turut membantu seseorang atau bahkan orang tua kita dalam memenuhi cicilan kredit barang, maka apa yang kita niatkan harus jelas. Niat tersebut bisa ditekadkan di dalam hati atau diucapkan kepada orang yang kita bantu. Alangkah jauh lebih baik jika disampaikan juga kepada orang yang dibantu.   Mungkin suatu ketika ada saudara, teman, atau bahkan orang tua yang misalnya membeli motor atau mobil dengan cara mengangsur atau membayar dengan cara mencicil setiap bulan atau mungkin membayar beberapa kali dengan jangka waktu tertentu tidak selalu dilakukan setiap bulan, maka pada saat kita akan membantu me